11 Cara Mengatasi Cegukan Saat Puasa dengan Cepat (No. 4 Unik)

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

cegukan-doktersehat

DokterSehat.Com– Cegukan saat puasa tentu cukup mengganggu karena tidak bisa dihilangkan dengan cara minum segelas air. Tidak perlu bingung karena ternyata cara mengatasi cegukan saat puasa yang bisa Anda lakukan. Mudah dan efektif!

Apa Itu Cegukan?

Cegukan adalah peregangan yang tidak sengaja pada diafragma, otot yang memisahkan dada dengan perut. Setiap kali peregangan atau kontraksi diikuti oleh menutupnya pita suara secara tiba-tiba dan kondisi ini yang menimbulkan cegukan.

Selain itu, cegukan juga terjadi karena perubahan suhu yang mendadak, makan terlalu banyak, atau makan sahur terburu-buru. Namun, dalam banyak kasus, kondisi emosi tertentu seperti stres, gugup, cemas, hingga terlalu bersemangat bisa menyebabkan cegukan.

Cara Menghilangkan Cegukan Saat Puasa

Selain minum, ada banyak pilihan cara untuk mengatasi cegukan yang tidak membatalkan ibadah puasa. Cara-cara ini mungkin akan berbeda-beda pada setiap orang. Nah, berikut ini berbagai tips mengatasi cegukan saat puasa yang cepat dan alami:

1. Menahan napas

Cara mengatasi cegukan saat puasa yang pertama ini dengan bernapas dalam-dalam dan tahan selama sekitar sepuluh detik. Setelah itu, embuskan napas Anda secara perlahan. Ulangi cara ini sekitar tiga hingga empat kali setiap 20 menit hingga cegukan menghilang

2. Memijat ulu hati

Cara menghilangkan cegukan saat puasa bisa dilakukan dengan memijat di sekitar area ulu hati. Otot diafragma biasanya berada di bawah area tersebut sehingga jika Anda memijatnya dengan lembut sekitar 20 hingga 30 detik, cegukan bisa segera mereda.

3. Duduk sambil memeluk lutut

Cobalah untuk duduk sambil memeluk lutut sembari mencondongkan badan sedikit ke depan layaknya orang yang sedang meringkuk. Jika menahan posisi ini selama dua menit, maka Anda bisa memberikan tekanan pada otot diafragma sehingga bisa membantu mengatasi cegukan.

4. Bernapas menggunakan kantong

Cara menghilangkan cegukan saat puasa ini cukup unik. Anda hanya menggunakan kantong kertas untuk menutupi mulut dan hidung, kemudian cobalah menghirup udara dari kantong kertas ini hingga otot-otot diafragma kembali lemas. Jangan gunakan kantong plastik karena kantong ini justru akan menempel pada mulut saat Anda mengambil napas sehingga tidak bisa dipakai untuk menghilangkan cegukan.

5. Tarik lidah

Menarik lidah Anda dapat merangsang saraf dan otot di tenggorokan. Caranya mudah, pegang ujung lidah menggunakan tangan Anda yang telah dicuci bersih, kemudian tarik lidah secara perlahan ke depan sekali atau dua kali.

6. Menekan diafragma

Diafragma adalah otot yang berfungsi untuk menarik dan mengeluarkan napas, rongga diafragma ini memisahkan perut Anda dari paru-paru. Cara menghilangkan cegukan saat puasa dapat dilakukan dengan menekan diafragma.

Caranya sangat mudah, gunakan tangan Anda untuk memberikan tekanan pada area tepat di bawah ujung tulang dada Anda secara perlahan. Jika cegukan belum berhenti, ulangi tekanan.

7. Pijat arteri karotis

Arteri karotis adalah pembuluh darah di kedua sisi leher yang mengantarkan darah ke otak dan kepala. Bila disentuh, Anda akan merasakan denyut nadi di leher Anda.

Hal partama cara menghilangkan cegukan saat puasa adalah dengan berbaringlah, kemudian putar kepala ke kiri, dan pijatlah arteri karotis di sisi kanan leher dengan gerakan memutar selama 5 hingga 10 detik.

8. Menekan dada ke lantai

Cara mengatasi cegukan saat puasa yang satu ini juga cukup mudah, posisikanlah badan dengan tengkurap atau telungkup ke dinding atau lantai untuk menekan dada yang dapat memberikan tekanan pada diafragma. Lakukan cara ini hingga cegukan hilang.

9. Menutup telinga

Jika mengalami cegukan, Anda cukup menutup telingga menggunakan jari selama 20 hingga 30 detik. Anda juga bisa menekan area lunak di belakang cuping telinga Anda, tepat di bawah pangkal tengkorak. Cara ini dapat mengirimkan sinyal “rileks” melalui saraf vagus, yang terhubung ke diafragma. Menurut penelitian, tips mengatasi cegukan saat puasa ini memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa.

10. Tutup mulut

Cobalah menutup hidung dan mulut menggunakan kedua telapak tangan Anda, tetapi tetap bernapas dengan normal. Cara ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bernapas di dalam kantong. Kedua tips tersebut, dosis karbon dioksida saat bernapas akan membantu menghilangkan cegukan.

Jika pengobatan alami untuk mengatasi cegukan ini tidak berhasil, coba cara menghilangkan cegukan saat puasa selanjutnya.

11. Pijat telapak tangan

Jika cara mengatasi cegukan saat puasa di atas tidak membantu, cobalah tekan telapak tangan Anda menggunakan ibu jari tangan sebelahnya. Anda juga bisa menekan bagian bawah ibu jari – yang terletak di antara ibu jari dan jari telunjuk.

Bila tekanan di tangan menyebabkan sedikit sakit, ketidaknyamanan ini adalah gangguan yang memengaruhi sistem saraf untuk dapat menghilangkan cegukan.

Cara Mencegah Cegukan saat Puasa

Cegukan biasanya dipicu oleh gaya hidup dan cegukan bisa dicegah dengan melakukan beberapa perubahan dalam kaseharian Anda. Jika Anda memerhatikan kebiasaan tertentu yang menyebabkan cegukan, berikut adalah beberapa hal perlu Anda coba:

  • Makan makanan dengan porsi lebih sedikit per sajian saat sahur
  • Makan secara perlahan saat sahur
  • Hindari makanan pedas
  • Hindari minuman berkarbonasi
  • Hindari merokok saat sahur
  • Berlatih teknik relaksasi, seperti pernapasan dalam atau meditasi untuk mengurangi stres.

Jika cegukan disebabkan oleh kondisi medis, seperti Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) atau asam lambung, segera obati untuk mencegah cegukan.

_

Jika Anda sudah mencoba salah satu atau beberapa tips mengatasi cegukan saat puasa tidak segera membaik, atau Anda mengalami cegukan yang kronis dan bertahan selama lebih dari 48 jam, segera periksakan diri ke dokter ya, Teman Sehat!



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Postingan populer dari blog ini

Dangdut

Bintang Film Dewasa Korea Yoo Jung Ii, Ini Profilnya

Seru