Sejarah Singkat Media Koran dan Online di Jambi


Sejarah Singkat Media Koran dan Online di Jambi

Pra dan pasca kemerdekaan RI, pertumbuhan koran di Indonesia makin meningkat. Di Provinsi Jambi, ada banyak koran-koran stensilan yang terbit memenuhi kebutuhan pembaca. Tetapi, lambat laun, koran mulai terpinggirkan oleh saingan-saingannya yang makin banyak.

Pertama "serangan" televisi. 


TV berusaha merebut pangsa pasar kebutuhan informasi di Indonesia. Termasuk di Jambi. Era 80-an, menjadi seleksi alam yang "ganas" bagi koran-koran termasuk di Provinsi Jambi.

Pertumbuhan televisi swasta plus TVRI, membuat koran makin terjepit. Di sela-sela itu, sebagian koran malah tumbuh dengan pesat.

Menerapkan sistem revitalisasi media koran, Jawa Pos menjadi penggebrak dan pencetus pertumbuhan koran. Bahkan, kalau ada catatan sejarah yang mencatat, Jawa Pos bisa jadi "Ibu" bagi surat kabar-surat kabar di daerah.

Di Provinsi Jambi, redaksi mencatat setidaknya ada Warta Massa dan Independent yang mengawali kejayaan koran lokal. Setelah Independent bergabung dengan Jawa Pos Group, koran ini melesat meninggalkan "sanak tua"-nya Warta Massa.

Setelah "melahirkan" Independent, Independent kemudian "hamil" dan melahirkan "anak-anak" yang makin mengukuhkan kukunya di bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah.

Selengkapnya baca di Koranjambi.com

Postingan populer dari blog ini

Dangdut

Bintang Film Dewasa Korea Yoo Jung Ii, Ini Profilnya

Seru