Kelebihan Kekurangan Matched Content Google Adsense
Dear adsenser,
Sekarang mari kita bahas kelebihan dan kekurangan unit iklan Matched Content Google Adsense.
Sebelumnya, kita harus tahu terlebih dahulu apa itu Matched Content Google Adsense? Matched Content adalah unit iklan di Google Adsense yang memuat kontent tersesuai / terkait. Biasanya, unit iklan Matched Content ini berjenis Native atau teks dan gambar.
Sesuai namanya, maka isi iklan Matched Content adalah artikel yang sesuai dengan artikel milik situs bersangkutan. Nah, yang memilih content untuk dimasukkan ke unit iklan ini adalah server Google Network biasanya Doubleclick.net dan juga pemilik situs.
CARA MEMASANG MATCHED CONTENT
Bagi pemilik situs yang mau memasukkan kontent bernilai, bisa pakai layanan Google Adsense di menu >> Sites / Situs >> MatchedContent / Kontent Tersesuai. Pada menu ini Anda harus memilih situs mana yang akan dipasang Matched Content.
Setelah dipilih, akan tampil 3 menu pilihan lagi. Yakni :
1. Time Freshnes
Lebih baik dibiarkan.
2. Blocklist
Untuk memilih konten mana yang dikecualikan agar tidak tampil di unit iklan Matched Content.
3. Preferred Content
Untuk memasukkan konten supaya tampil di Matched Content. Ini disikan urls artikel/kontent.
Setelah disiapkan, jika Anda menggunakan settingan Auto Ads, tinggal aktifkan Matched Content di menu pilihan iklan pada situs Anda.
Jika mau manual, silakan terlebih dahulu membuat Unit Iklan khusus yakni Matched Content. Bisa baca artikel ini "Memilih Ad Unit Agar Revenue Adsense Naik".
Karena ada Matched Content, maka Google Ad Network akan memilih pilah artikel terbaik kita untuk dilelang di pasar lelang iklan digital dunia.
Dengan begini, artikel kita akan tetap "hidup" atau masa tayang artikel kita jadi lebih panjang. Alias, tidak basi. ---ini artikel asli Monas Junir (https://monasjunior.blogspot.com)---
Matched Content juga membuat iklan native gampang muncul. Itu karena harganya relatif murah, sehingga lebih mudah dilelang oleh Google Ad Network.
Urls artikel kita ditempatkan di server khusus oleh Doubleclick.net. Sehingga siapapun bisa mengaksesnya dengan bebas.
Baca juga : Trik Meningkatkan CPM CPC Google Adsense
KEKURANGAN MATCHED CONTENT
Melihat kelebihan itu, maka bisa dilihat pula kekurangan ad unit Matched Content.
Kekurangan Matched Content yang paling fatal adalah, keyword atau kata kunci yang kita pasang di artikel, menjadi lemah.
Itu dikarenakan artikel kita sudah ditayangkan doubleclick kepada publik. Sehingga kerahasiaan atau keyword kita jadi terbuka lebar di dunia. Bagi pengikis atau scraper, ini menjadi peluang bagi mereka untuk "mencuri" keyword artikel kita.
Kesimpulannya, Matched Content sangat tidak rekomended bagi peningkatan SEO. ---ini artikel asli Monas Junir (https://monasjunior.blogspot.com)---
Kekurangan Matched Content berikut adalah revenue atau pendapatan iklan.
Baca juga : Google Ads : Solusi Bagi Publisher dan Advertiser
Gara-gara harganya murah, maka di pasar lelang iklan dunia, unit iklan ini juga menjadi murah harga dasar lelangnya. Sehingga owner situs menjadi rugi karena pendapatan unit iklan ini rendah.
Selain itu, artikel yang kita harapkan muncul di unit iklan Matched Content, seringkali tidak sesuai harapan atau bahkan tidak sesuai dengan artikel di postingan tunggal. Ini membuat nilai Page CTR jadi rendah.
Penulis telah melakukan uji coba berkali-kali terkait unit iklan Matched Content ini. Makanya bisa menyimpulkan pendapat seperti ini.
Itu saja kelebihan dan kekurangan unit iklan Matched Content Google Adsense. Semoga tulisan ini membantu.(***)
Baca juga : Opini Jambi : Degradasi Jurnalis dan Jiwa Korsa yang Mulai Hilang